Tab

Cara Mudah Membuat Website Sendiri

Ternyata membuat website itu mudah, dahulu mampu membuat website sudah canggih bagi orang orang awam, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan membuat website tidak hanya bisa dilakukan oleh yang tahu programing tapi cukup dengan modal berani mencoba, bisa saya katakan membuat website semudah membuat email.

Banyak program yang membantu dalam pembuatan website seperti dreamweaver, joomla dan script wordpress. kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara mudah membuat website menggunakan script wordpress, sehingga anda bisa memiliki website dengan nama yang anda inginkan tanpa ada kata wordpress dibelakangnya.


Dalam membuat website yang kita perlukan adalah domain (nama website itu sendiri) dan hosting (server atau tempat menyimpan data kita di internet sehingga domain kita online). domain dan hosting bisa kita dapatkan dengan membelinya supaya bisa langsung praktek kita akan gunakan layanan free domain dan hosting. Domain gratis bisa kita dapatkan di http://www.co.cc/ dan hosting gratis bisa didaptkan di 000webhosting, layanan ini tidak selamanya gratis, kadang-kadang di tahun kedua kita diminta membayar untuk melakukan perpanjangan.

Buka di browser anda http://www.co.cc/ kemudian isikan nama domain yang anda inginkan, adakalanya tidak tersedia yang gratis, coba dengan nama yang lain, domain yang anda dapatkan disini berakhiran .co.cc jadi bukan .com. setelah mendaftar domain lanjutakan dengan mendaftar di 000webhosting untuk mendapatkan hosting free, setelah mendaftar buka email anda dan klik link verifikasi jika tidak maka dalam waktu 30 harii account anda akan di cancel, setelah login lakukan manage domain dengan creat new, isikan nama domain anda yang tadi kemudian tambhkan pasword dan setup new account, setelah berhasil klik “go to control panel” dan cari panel “mySQL” kemudian klik, kemudian buat database name, misal : contoh kemudian buat database user, misalnya admin dan isikan pasword kemudian “creat database”. catatat database tersebut.

langkah selanjutnya adalah menginstalkan wordpress, kita dapat langsung instalkan wordpress melalui control panel, buka control panel kemudian klik fantastico autoinstaller, dan klik instal wordpress, maka otomatis website kita sudah jadi, cara ini bahkan kita tidak perlu membuat database seperti yang dijelaskan diatas. cuma dalam versi gratis ini fantasticonya tidak aktiv.
Kita akan instalkan wordpress secara manual langkah ini sedikit panjang, saya harap anda masih tetap ingin mempelajarinya. kita mengupload menggunakan “file zilla”. download file zilla, cari di google, setelah di download instalkan di komputer anda. download juga script wordpress di wordpress.org setelah di download keluarkan dari zip atau di extract.

setelah file zilla di instalkan buka program file zilla tersebut, isikan host dengan nama domain, isikan user name dengan username dan yang didapat dari hosting ketika manage domain atau bisa dilihat di control panel bagian ftp detail. isikan pasword anda tadi, kemudian port bisa di isi dengan 21 atau dikosongkan saja, kemudian klik connect. kolom sebelah kiri adalah data yang ada dikomputer kita, sedangkan yang disebelah kanan adalah data yang ada di server hosting.

Klik dua kali file public html yang ada disebelah kanan sehingga terbuka foldernya. Klik file yang ada disebelah kiri, kemudian cari folder wordpress yang anda download tadi, buka folder tersebut, kemudian blok semuanya, klik kanan dan pilih upload, maka file wordpress yang ada di komputer di copykan ke server hosting. setelah semua file berhasil di upload tahap selanjutnya adalah cari file wp-config-sample.php yang ada disebelah kanan, kemudian klik kanan dan pilih view/edit, setelah terbuka ganti DB_name, db_user , pasword, host name dengan data yang didapat ketika membuat databade. setelah selesai save, tutup dan pilh yes untuk update data diserver, kemudian ganti nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php saja dengan cara klik kanan pilih rename.

langkah selanjutnya adalah buka di browser domainanda.co.cc/wp-admin/install.php kemudian isikan biodata yang diminta, termasuk user name dan pasword yang anda ingin ketika anda ingin login ke website anda, kemudian klik “install” tunggu beberapa saat jadi deh website kita. Pilih login jika ingin login untuk melakukan postingan artikel, merubah tampilan atau tema dll.

Cara yang dijelaskan diatas bisa anda praktekkan untuk membuat website walaupun menggunakan layanan domain dan hosting yang lainnya, kadang hanya berbeda tampilan. jika kita membeli domain dan hosting dilayanan yang berbeda, domain kita tidak langsung terhubung dengan hosting, kita perlu setup domain dan ganti server name dengan server name di hosting.
Mudah-mudah penjelasan diatas cukup membantu anda, kalau dibaca saja kesannya rumit, bagusnya praktek dan ikuti langkah yang diminta, ya.. seperti membuat email, semuanya ada perintahnya.